Jumat, 16 Maret 2012

Definisi Psikolinguistik mei hastuti kelas B

Nama  : Mei Hastuti
Nim     : A310090066
TUGAS PSIKOLINGUISTIK
Definisi Psikolinguistik/ Batasan Psikolinguistik
Psikolinguistik adalah suatu ilmu yang meneliti bagaimana sebenarnya para pembicara/ pemakai suatu bahasa membentuk/ membangun atau mengerti kalimat-kalimat tersebut (Bach dalam Pateda, 1990:12).
Psikolinguistik adalah studi mengenai manusia sebagai pemakai bahasa, yaitu studi mengenai system-sistem yang ada pada manusia yang dapat menjelaskan bagaimana manusia dapat menangkap ide-ide orang lain dan bagaimana ia dapat mengekspresikan ide-idenya sendiri melalui bahasa baik secara tulis maupun lisan (Kempen dalam Mar’at, 2005:3).
Psikolinguistik adalah pendekatan gabungan melalui psikologi dan linguistic bagi telaah atau studi pengetahuan bahasa, bahasa dalam pemakaian, perubahan bahasa, dan hal-hal yang ada kaitannya dengan itu yang tidak begitu mudah dicapai atau didekati melalui salah satu dari kedua ilmu tersebut secara terpisah atau sendiri-sendiri (Lado dalam Pateda, 1190:11).
Secara etimologis, kata psikolinguistik terbentuk dari kata psikologi dan kata linguistik. Yakni dua bidang ilmu yang berbeda, yang masing-masing berdiri sendiri, dengan prosedur dan metode yang berlainan. Namun, keduanya sama-sama meneliti bahasa sebagai objek formalnya. Hanya objek materialnya yang berbeda.linguistik mengkaji struktur bahasa, sedangkan psikologi mengkaji perilaku berbahasa atau proses berbahasa (Chaer,2003).
Sumber
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.
Mar’at, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama.
Pateda, Mansoer. 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik. Yogyakarta: Nusa Indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar